Articles

Ya, mengapa harus menggunakan pipa HDPE? Apa keunggulan dan kelebihan nya bila di bandingkan jika kita menggunakan pipa jenis lain? Apa yang membuat HDPE akhir akhir ini seakan akan menjadi trend; di mana-mana kita lihat di pinggir jalan di mulai proyek pipa HDPE untuk jaringan air bersih, di pabrik-pabrik, aplikasi pipe line yang di tanam di dalam tanah dll? What makes it so special?

Wah, kalau kita membicarakan tentang keunggulan dan kelebihan pipa HDPE, kami bisa menghabiskan 3 halaman web untuk menerangkan tentang semua keunggulan-keunggulan di sertai dengan contoh-contoh nya. Namun baiklah untuk lebih memudahkan pemahaman anda dan memperkuat keyakinan kita semua bahwa HDPE adalah pilihan terbaik saat ini; kami akan membagi nya ke dalam 3 poin pokok saja.

Dari Segi Bahan

1.  HDPE merupakan singkatan dari HIGH DENSITY POLY-ETHYLENE, artinya bahan plastik yang mempunyai kualitas dan tingkat kerapatan yang tinggi. Polyethylene adalah thermoplastic, yang dapat dibentuk pada saat mencapai titik leleh tertentu setelah melalui proses extrusi dan menghasilkan berbagai variasi produk. Bahan ini mempunyai sifat lentur namun sangat ulet (kuat).

2.  HDPE tidak mengandung bahan berbahaya, formula yang di pakai dalam pembuatan PE tidak mengandung material yang berbahaya (non toxic), bahan PE direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) dan EEC requirements. Telah digunakan secara luas untuk distribusi air minum, peralatan kesehatan, serta kemasan makanan, material nya ramah terhadap lingkungan. Memenuhi Standart ISO (International Standard Organization) dan SNI (Standart Nasional Indonesia).

3.  HDPE tidak bereaksi secara kimiawi dengan material lain, berbeda dengan logam atau semen, sehingga tidak perlu dibuat lapisan yang bersifat melindungi atau proses coating. Sangat tinggi tingkat resistensi nya dengan korosi, abrasi, maupun kimiawi; juga tahan terhadap asam, caustics, garam dan gas.

4.  Pipa HDPE adalah pipa yang memiliki ketahanan (durability) sangat baik, telah dibuktikan melalui tes laboratorium bahwa dalam kondisi normal pipa HDPE akan dapat bertahan 40 hingga 50 tahun.

5.  Pipa HDPE dapat mengatasi kondisi alam ekstrim pada saat terjadi gempa bumi atau tanah longsor dan telah sukses pada saat uji coba dalam simulasi aktifitas seismik hingga 7 Skala Richter. Terbukti pada Gempa bumi di Kobe, Jepang (1995), dan Tsunami di Phuket (Thailand) 2004. Sifat HDPE yang tahan terhadap tekanan berulang serta lonjakan yang signifikan melebihi rating tekanan statis pipa nya membuat nya sangat cocok di aplikasi kan sebagai pilihan pipe line di alam Indonesia dengan kontur yang berbukit-bukit, sungai, rawa, dan daerah rawan gempa seperti di sepanjang pantai barat Sumatera dan selatan pulau Jawa.

Dari Segi Pemasangan (Instalasi)

1.  Kuat. Membuat HDPE segera menjadi idola baru yang lambat laun mulai menggantikan fungsi dari pipa besi yang di rasa terlalu memberatkan. HDPE yang kuat namun ringan dan fleksibel membuat nya menjadi lebih mudah untuk di tangani dan di pasang dibandingkan dengan pipa lainnya seperti pipa PVC yang kaku atau pipa ductile iron yang berat. Itu artinya penghematan besar-besaran dalam proses kontruksi pemasangan HDPE sehingga menjadi lebih mudah, cepat dan lebih efisien.

2.  Mudah & Hemat. Tidak di perlukan banyak fitting dan support seperti pada jenis pipa lain nya. Pipa HDPE dapat disambungkan dengan cara pemanasan (heat fusion) yang mana sambungan pipa HDPE akan menyatu (bersenyawa) dan mempunyai kekuatan lebih dibandingkan pipa HDPE itu sendiri, oleh karenanya tidak diperlukan lagi pemasangan thrust blok (semen penguat sambungan) karena sambungan ini sudah aman dan kuat.

3.  Fleksibel. Pipa HDPE merupakan bahan pilihan untuk trenchless teknologi (non galian). Sifat nya fleksibel, anda bisa menaruh nya di mana saja. Pipa HDPE bisa di taruh atas tanah (laying/expose), di tanam dalam tanah (trenching), di gantung dengan support, di sanggah dengan support, menyeberangi sungai, naik turun tanjakan bahkan diselipkan di sela-sela bangunan dalam pemasangannya. Bahkan karena fleksibilitasnya, memungkinkan HDPE ditekuk hingga radius 20-25 kali diameter pipa nya; sehingga mengurangi kebutuhan fitting/assessoris. Tidak di perlukan penambahan lapisan pelindung (cat/coating) pada bagian luar pipa.

4.  Ringan. Berat pipa HDPE yang hanya 1/6 pipa besi membuat nya mudah di tangani dengan jumlah personil minimum tanpa terlalu banyak bantuan alat berat. Dua orang laki-laki dewasa bisa dengan mudah mengangkat pipa HDPE berdiameter 10” misalnya.

Dari Segi Perawatan (Maintenance)

1.  Awet. Pabrikan pipa HDPE memperkirakan usia pipa dapat mencapai 50 tahun. Hal ini tentu saja berkaitan dengan biaya perawatan atau pun penggantian (replacement) di masa mendatang.

2.  Anti  karat. HDPE yang berbahan dasar plastik tentu tidak berkarat, membusuk atau korosi. Sehingga cairan yang mengalir di dalam nya tidak akan terpengaruh oleh perubahan kimiawi yang di timbulkan oleh proses korosi tersebut. Selain itu pipa HDPE juga sudah mempunyai sertifikat food grade yang artinya sudah bisa di gunakan untuk mengalirkan bahan makanan secara aman.

3.  Anti bocor. Karena sebagian besar pipa HDPE menggunakan metode penyambungan heat fusion yang mana bisa menghasilkan sambungan antar pipa yg kuat, yang bahkan lebih kuat dari pipa nya sendiri (karena ada penambahan ketebalan pada titik sambungan). Pipa HDPE berbeda dari pipa berbahan lain karena "kebocoran air yang diperbolehkan" adalah nol di banding tingkat kebocoran khas dari PVC dan pipa Besi yang pada umum nya bisa mencapai 10 sampai 20%. Sambungan pada pipa HDPE juga relatif aman karena terbentuk dengan kuat pada waktu proses persenyawaan (heat fusion) ini tentu berbeda dengan pipa lain yang sering bermasalah pada sambungan nya.

4.  Smooth Bore. Permukaan dalam pipa yang halus memungkinkan aliran air atau gas atau apapun jenis fluida di dalam nya semakin optimal dan tidak terhambat. Tidak terjadi turbulansi di dinding dalam pipa karena gesekan, serta memiliki ketahanan terhadap perkembangan organisme hidup di dalam pipa. HDPE juga memiliki karakteristik yang bagus dalam menghadapi air balik (water hammer) juga kemungkinan pecah apabila terjadi pembekuan fluida di dalam nya.

5.  Mudah. Harga pipa dan assessories HDPE kini semakin terjangkau dan mudah di dapat. Untuk penggantian (replacement) juga sangat ekonomis; suatu contoh bila kita menghadapi masalah keretakan/pecah/lubang di salah satu bagian jaringan pipa karena sebab satu dan lain hal, kita tidak perlu untuk mengganti keseluruhan panjang pipa. Cukup memotong secukup nya bagian yang bermasalah untuk kemudian di sambung kembali dengan pipa pengganti sepanjang sambungan yang tadi kita potong dan di sambung kembali dengan metode Heat Fusion. Sangat praktis dan ekonomis!

Demikian lah berbagai keunggulan Pipa HDPE yang dapat kami rangkum. Pemasangan HDPE bisa menekan biaya produksi dan jenis pipa ini sangat efektif digunakan sebagai solusi masalah perpipaan di perkotaan dengan penduduk yang padat, keperluan industri, Maritim, Pertambangan, Tempat Pembuangan Sampah, irigasi dan pertanian.

Pipa HDPE (high density polyethylene) dapat mengalirkan air, lumpur, cairan kimia, limbah berbahaya dan gas bertekanan rendah. Penggunaan pipa HDPE sudah teruji dan terbukti efektif dan aman untuk diletakkan diatas tanah, di tanam, dipasang pada bangunan maupun dipergunakan di lingkungan laut.

Faktanya, pipa HDPE ini sudah sejak lama dipergunakan pada industri pertambangan, gas maupun industri lainnya. Biaya perawatan nya yang sangat rendah bila dibandingkan jenis pipa bertekanan lainnya membuat nya menjadi pilihan utama.